(Tugas Antropologi) catatan harian dan hasil pengamatan oleh Taufiqurrohman 171311757


Catatan Harian dari Pengamatan Terhadap Proses Belajar yang Berlangsung di Pondok Pesantren Tahfidz Sulaimaniyah cabang Bintaro
oleh
Taufiqurrohman (171311757)

Pengamatan ini saya mulai dari awal mereka memulai pelajaran karena kebetulan saya merupakan salah satu pengajar yang mengajar di Pondok Pesantren tersebut.

Pengamatan hari pertama, Rabu 19 September 2018
Pelajaran pertama dimulai pukul 05.30 setelah shubuh. Santri menghafal dan menyetorkan hafalannya kepada guru pembimbingnya ketika mereka sudah siap. Penyetoran hafalan berlangsung hingga zuhur. Dalam waktu penyetoran yang berlangsung hingga zuhur ini saya mengamati hafalan santri ketika mereka sedang menyetorkan hafalannya. Beberapa dari mereka nampak kesulitan dan terbata-bata dalam menyetorkan hafalannya. Mereka pun kadang terlihat lebih suka melamun dan memikirkan sesuatu dibanding fokus terhadap hafalannya. Karena itu, saya memutuskan untuk mengamati lebih dalam lagi beberapa santri yang memang memiliki karakter seperti yang saya sebutkan di atas.
Setelah zuhur santri diberikan pelajaran bahasa Turki selama lebih kurang 45 menit oleh satu guru orang Indonesia dan satu lagi guru penutur asli dari Turki. Saat pelajaran ini berlangsung saya kembali mengamati santri yang sama untuk mengetahui proses serta perkembangan belajarnya. Saya melihat santri tersebut cukup antusias dalam pelajaran tersebut namun saya berasumsi bahwa ia terlihat fokus karena memang pelajaran ini cukup menarik untuk dipelajari, tapi tetap sesekali nampak melamun dan memikirkan sesuatu. Dari sini saya mulai berpikir untuk melihat nilai hasil belajar santri tersebut pada pelajaran ini. Ternyata nilai dari santri tersebut di bawah rata-rata.

Pengamatan hari kedua, Senin 24 September 2018
Setelah ashar dilanjutkan dengan pelajaran fikih. Pada pelajaran ini santri diajak untuk belajar interaktif dengan cara diskusi dan tanya jawab. Di sini terlihat mana santri yang aktif dan pasif sehingga saya dapat melakukan pengamatan dengan seksama tentang faktor yang menjadi penyebab dan motivasi santri yang membuatnya aktif dan pasif.

Pengamatan hari ketiga, Selasa 25 September 2018
Setelah itu saya pun melakukan wawancara terhadap beberapa santri yang terlihat kurang fokus dan suka melamun dalam pelajarannya. Dari wawancara yang saya lakukan, saya mendapatkan informasi bahwa santri tersebut memilik masalah dengan keluarganya yakni orang tuanya. Beberapa dari mereka menyatakan bahwa orang tuanya memang berpendidikan rendah dan memiliki masalah dalam ekonominya sehingga saya mengambil kesimpulan dari pengamatan yang saya lakukan selama beberapa hari bahwa faktor rendahnya pendidikan dan tingkat ekonomi orang tua santri mempengaruhi proses dan prestasi belajar mereka di pondok pesantren sehingga perlu adanya pembinaan khusus terhadap mereka.

Comments

Popular posts from this blog

Tugas Antropologi Pendidikan: Pengamatan terhadap proses belajar pada sekolah berbasis Islami.

Catatan Harian hasil Pengamatan Egi Zulfan Firdaus