(Tugas Antropologi) catatan harian dan hasil pengamatan oleh Taufiqurrohman 171311757
Catatan Harian dari Pengamatan Terhadap Proses Belajar
yang Berlangsung di Pondok Pesantren Tahfidz Sulaimaniyah cabang Bintaro
oleh
Taufiqurrohman (171311757)
Pengamatan
ini saya mulai dari awal mereka memulai pelajaran karena kebetulan saya merupakan
salah satu pengajar yang mengajar di Pondok Pesantren tersebut.
Pengamatan hari pertama, Rabu 19 September 2018
Pelajaran
pertama dimulai pukul 05.30 setelah shubuh. Santri menghafal dan menyetorkan
hafalannya kepada guru pembimbingnya ketika mereka sudah siap. Penyetoran
hafalan berlangsung hingga zuhur. Dalam waktu penyetoran yang berlangsung
hingga zuhur ini saya mengamati hafalan santri ketika mereka sedang menyetorkan
hafalannya. Beberapa dari mereka nampak kesulitan dan terbata-bata dalam
menyetorkan hafalannya. Mereka pun kadang terlihat lebih suka melamun dan memikirkan
sesuatu dibanding fokus terhadap hafalannya. Karena itu, saya memutuskan untuk
mengamati lebih dalam lagi beberapa santri yang memang memiliki karakter
seperti yang saya sebutkan di atas.
Setelah
zuhur santri diberikan pelajaran bahasa Turki selama lebih kurang 45 menit oleh
satu guru orang Indonesia dan satu lagi guru penutur asli dari Turki. Saat
pelajaran ini berlangsung saya kembali mengamati santri yang sama untuk
mengetahui proses serta perkembangan belajarnya. Saya melihat santri tersebut
cukup antusias dalam pelajaran tersebut namun saya berasumsi bahwa ia terlihat fokus
karena memang pelajaran ini cukup menarik untuk dipelajari, tapi tetap sesekali
nampak melamun dan memikirkan sesuatu. Dari sini saya mulai berpikir untuk
melihat nilai hasil belajar santri tersebut pada pelajaran ini. Ternyata nilai
dari santri tersebut di bawah rata-rata.
Pengamatan hari kedua, Senin 24 September 2018
Setelah
ashar dilanjutkan dengan pelajaran fikih. Pada pelajaran ini santri diajak
untuk belajar interaktif dengan cara diskusi dan tanya jawab. Di sini terlihat
mana santri yang aktif dan pasif sehingga saya dapat melakukan pengamatan
dengan seksama tentang faktor yang menjadi penyebab dan motivasi santri yang
membuatnya aktif dan pasif.
Pengamatan hari ketiga, Selasa 25 September 2018
Setelah
itu saya pun melakukan wawancara terhadap beberapa santri yang terlihat kurang
fokus dan suka melamun dalam pelajarannya. Dari wawancara yang saya lakukan,
saya mendapatkan informasi bahwa santri tersebut memilik masalah dengan
keluarganya yakni orang tuanya. Beberapa dari mereka menyatakan bahwa orang
tuanya memang berpendidikan rendah dan memiliki masalah dalam ekonominya
sehingga saya mengambil kesimpulan dari pengamatan yang saya lakukan selama
beberapa hari bahwa faktor rendahnya pendidikan dan tingkat ekonomi orang tua
santri mempengaruhi proses dan prestasi belajar mereka di pondok pesantren
sehingga perlu adanya pembinaan khusus terhadap mereka.
Comments
Post a Comment